Agar badan tetap sehat dan ramping diperlukan beberapa kiat-kiat atau tips. Tips tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Makan makanan pokok maksimal 3 kali sehari diwaktu yang telah ditentukan dan teratur. Hindari konsumsi makanan camilan, manisan dan sejenisnya diantara tiga waktu yang telah ditentukan.

2. Mengurangi mengkonsumsi makanan siap saji seperti makanan di restorant dan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung sayuran segar dan buah-buahan.

3. Tidak mengkonsumsi bahan-bahan lemak yang kental sebisa mungkin, seperti minyak, mentega, krim dan keju berkalori tinggi.

4. Cara masak yang tidak menambah kandungan kalori serta tidak menggunakan lemak dan minyak dalam memasak.

5. Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makananan, dalam ajaran Islam diatur 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 untuk udara dalam mengatur isi perut.

6. Memperbanyak makanan yang mengandung serat nabati, protein dan mengutamakan konsumsi daging putih [daging ayam] yang kadar lemaknya rendah.

7. Melakukan olahraga, banyak bergerak dan tidak terlalu sering memakai alat bantu dalam bekerja.

8. Mengunyah makanan dengan baik sebelum ditelan.

9. Menghindari konsumsi makanan yang bergaram atau kadar garam berlebihan. Karena garam akan membantu tubuh menyimpan air dalam sekala besar sehingga berat badan akan naik.

10. Menghindari minuman ber-alkhohol.

11. Diet yang paling aman dan sehat tanpa efek samping yaitu berolahraga dan puasa.